Rakerwil ke-12, RAPI Bogor Lahirkan Program Kerja Penanganan Bencana Alam

Pada Rakerwil ke-12, RAPI Bogor Lahirkan Program Kerja Penanganan Bencana Alam. Dikutip dari RADARTANGSEL – Lembaga sosial Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Kabupaten Bogor menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) ke 12, Minggu (29/5).

Kegiatan bertajuk “Bersama Bersinergi Menuju Peningkatan Komunikasi dalam Kebencanaan” itu berlokasi di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rumpin, Bogor.

Ketua Rapi Kabupaten Bogor Fahmy Shakir Rangkuti mengatakan, kegiatan itu menghasilkan beberapa program kerja diantaranya meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM).

“Dengan melakukan pelatihan dalam menghadapi bencana alam maupun kecelakaan lalu lintas agar tidak salah dalam penanganan,” kata Fahmy.

Program kerja kedua, lanjut Fahmy, yakni melakukan pelatihan bagaimana memberikan bantuan pertolongan pertama dalam menghadapi korban bencana alam.

“Ketiga, merumuskan supaya dapat mendirikan sekretariat bersama dan memberikan pelatihan kepada anggota tata cara pelaporan keuangan organisasi yang baik dan benar,” ungkapnya.

Fahmi menjelaskan, program proritas yakni pelatihan kepada para anggota dalam menangani kebencanaan. Hal itu mengingat Pulau Jawa merupakan wilayah tingkat paling tinggi terjadinya bencana alam.

“Oleh karena itu, kami mempersiapkan diri untuk membantu pemerintah dalam penanganan bencana dengan berkolaborasi dengan Tim Sar, Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penyelamatan dan menyalurkan bantuan lainnya, agar tepat sasaran serta memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat,” jelasnya.

Fahmi berharap, program kerja yang telah disepakati bersama ini dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan.

“Dan semoga kedepannya organisasi RAPI terus berjaya, kompak dan solid,” harapnya.

Sementara, Depertemen II RAPI Nasional Susanto mengucapkan selamat atas terlaksananya Rakerwil ke 12 dan hari jadi ke 37 tahun RAPI Kabupaten Bogor.

Fahmi menjelaskan, program proritas yakni pelatihan kepada para anggota dalam menangani kebencanaan. Hal itu mengingat Pulau Jawa merupakan wilayah tingkat paling tinggi terjadinya bencana alam.

Dia menyebut, Rakerwil merupakan salah satu tonggak awal untuk memulai kerja. Dirinya berharap, program kerja yang sudah disepakati dapat berjalan sebagaimana mestinya direncanakan.

“Jadi kita di nasional memiliki program kerja nasional yang diturunkan ke daerah, dari daerah diturun ke wilayah, salah satunya wilayah Kabupaten Bogor,” terangnya.

“Alhamdulillah berjalan dengan baik dan semoga program kerjanya dapat berjalan. Terlebih, hari ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya, semoga semakin jaya, jaya dan jaya,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain menggelar kegiatan Rakerwil, RAPI Kabupaten Bogor juga merayakan hari jadi RAPI yang ke 37 sekaligus menggelar halal bihalal dengan tema “Dengan Kebersamaan Meningkatkan Rasa Kepedulian kepada Alam”. (dmy)

sumber : https://radartangsel.com/2022/05/30/rakerwil-ke-12-rapi-bogor-lahirkan-program-kerja-penanganan-bencana-alam/